Kegiatan PTA Kelas X Tahun 2023-2024

Salam Pramuka


Ambalan Diponegoro-Kartini SMA N 1 LASEM mengadakan kegiatan PTA. Kegiatan ini dilakukan di SMA N 1 Lasem pada hari Sabtu 9 September 2023.Kegiatan PTA ini bertujuan untuk menerima dan meresmikan tamu ambalan untuk masuk menjadi bagian dari sangga-sangga.

Pada awal kegiatan PTA diawali dengan apel pagi atau apel pembukaan. Kemudian setelah apel dilakukan dengan pematerian yaitu mengenai BED Ambalan, AD/ART, kegiatan Pramuka selama 1 tahun. BED Ambalan menjelaskan mengenai arti - arti dari setiap BED seperti BED Diponegoro dan BED Kartini. AD/ART atau Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga. AD/ART merupakan ketentuan dasar dan ketentuan operasional bagi suatu organisasi yang mencerminkan aspirasi, visi, dan misi gerakan Pramuka Indonesia. Pada materi AD/ART ini dijelaskan tentang pengertian, fungsi, tujuan, prinsip dasar kepramukaan, metode kepramukaan, motto gerakan Pramuka, dan pasal - pasal mengenai Pramuka.

Selanjutnya menjelaskan mengenai kegiatan Pramuka selama 1 tahun. Yang dimaksud seperti kegiatan PTA, GWR, Bantara, dan lain-lain.Kegiatan Outbound dilakukan di lapangan belakang. Kegiatan outbound ini antara lain estafet halang rintang, lempar air menggunakan karung, memindahkan air dari gelas satu ke gelas yang lain menggunakan kepala, Pinata balon air yakni peserta akan ditutup kedua matanya dan diberi tusuk sate memecahkan balon air yang sudah digantung.

Setelah outbound selesai  dilanjutkan dengan ISHOMA. Kemudian yang terakhir yaitu apel penutupan. Pada apel penutupan juga memberikan hadiah kepada sangga yang tergiat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages