Pramuka Rutin : Materi TEKPRAM

Salam Pramuka


Ambalan Diponegoro-Kartini SMA N 1 LASEM mengadakan Pramuka secara rutin, dengan materi yang dibawakan oleh beberapa anggota dewan ambalan. Pada Pramuka ini yaitu membahas mengenai materi Pramuka yaitu tentang TEKPRAM (Teknik Kepramukaan). TEKPRAM (Teknik Kepramukaan) yaitu bermacam pengetahuan teknik Kepramukaan sebagai ketrampilan dan kecakapan yang dimiliki oleh seorang anggota Gerakan Pramuka.

TEKPRAM meliputi sandi, tanda jejak, dan kompas. Pada sandi ini ada beberapa macam yaitu sandi rumput, sandi angka, sandi jepang, dan sandi sisipan. Kemudian pada tanda jejak ada beberapa macam yaitu tanda alam contohnya kabut, awan, matahari, bintang, dan bulan. Kemudia ada tanda binatang contohnya yaitu laba-laba, semut, katak, kambing, dan nyamuk.

Selanjutnya yaitu kompas, kompas adalah alat yang digunakan untuk mencari dan menetapkan arah mata angin. Fungsi utamanya yaitu untuk menentukan atau mengetahui arah dan besaran derajat suatu arah atau lokasi suatu medan berdasarkan peta. Yang termasuk dalam TEKPRAM adalah perkemahan, penjelajahan, dan orientasi medan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages