Pramuka Rutin: Sosialisasi Saka Wirakartika dan Sejarah Kepramukaan

Salam Pramuka


Ambalan Diponegoro-Kartini SMA N 1 LASEM mengadakan latihan Pramuka secara rutin, dengan pemateri yang dibawakan oleh beberapa anggota dewan ambalan. Kegiatan ini dilakukan dengan suasana latihan yang berbeda, yaitu terdapat sosialisasi dari SAKAWIRAKARTIKA dan materi mengenai sejarah kepramukaan. Pada sosialisasi SAKAWIRAKARTIKA bertempat di aula SMA N 1 Lasem selama 30 menit. Kemudian ke lapangan basket dilanjutkan dengan materi mengenai sejarah kepramukaan.


Pramuka adalah organisasi atau gerakan kepanduan yang menjadi wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. Golongan Pramuka : siaga(7-10th), penggalang(11-15th), penegak(16-20th) atau pandega(21-25th).Bapak Pramuka Dunia adalah Baden Powell dengan nama asli Robert Stepshon Smyth Baden Powell, lahir pada tanggal 22 Februari 1857 dan meninggal pada tanggal 8 Januari 1941 di Kenya, Afrika. Tahun 1899 Baden-Powell membuat buku "AIDS to Scouting". Sebelum singkatan pramuka ditetapkan, kata pramuka asalnya diambil oleh Sultan H. IX dari kata “Poromuko” yang berarti Pasuka terdepan dalam perang.Gerakan pramuka di Indonesia dimulai pada tahun 1912. Hal tersebut bermula dari organisasi Nederlandsche Padvunders Organisatie (NPO) yang kemudian berganti nama menjadi Nederlands-Indische Padviders Vereeniging (NIPV) pada tahun 1916.


Bapak Pandu Indonesia adalah Sri Sultan Hamengkubuwono IX.Tanggal 14 Agustus 1961 secara resmi gerakan Pramuka diperkenalkan ke seluruh rakyat Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai hari Pramuka se-Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages